Kita tidak usah terlalu larut dalam kesedihan ini karena terlalu larut dalam kesedihan justru akan menambah kita menjadi terpuruk.
Berikut adalah tips-tips mengahadapi PHK atau pemutusan hubungan kerja :

•Tidak ada yang abadi. Tanamkan dalam diri anda bahwa perpisahan pasti terjadi. Jika anda karyawan, kemungkinan terkena PHK tetap ada atau jika anda pemilik perusahaan peluang bangkrut juga ada.

•Jangan sampai PHK membuat kita terlalu sedih. Ketika PHK datang, yakinlah bahwa peluang kerja di bidang lain atau tempat lain masih terbuka. Yakinkan diri anda bahwa anda akan menemukan tempat kerja yang jauh lebih baik dari tempat sebelumnya karena bekal pengalaman yang telah anda miliki.

•Hubungi teman atau kerabat lama. Saat kita terlalu sibuk kerja mungkin kita jarang berkomunikasi dengan teman lama. Saat terkena PHK tidak ada salahnya anda nyatakan keadaan yang anda alami saat ini.

•Memperluas pengetahuan dan kemampuan. Lakukan dengan mengikuti kursus, kuliah singkat atau mengikuti berbagai seminar.

•Membuat lapangan usaha. Langkah mudah mengatasi PHK adalah dengan membuka usaha. Bukalah usaha yang memang anda kuasai dan sukai. Tidak sedikit seorang karyawan ketika terkena PHK lalu sukses menjadi pengusaha.

•Tetap percaya diri, melihat lebih jauh dan lebih bijaksana. Hanya orang yang berpikir positif dan optimis saja yang bisa sukses. Jangan pernah pesimis dalam memandang hidup ini karena akan menghancurkan diri kita sendiri.

Rata Penuh


Dari warta REHOBOT edisi ke-480 / 27 sep 2009

0 komentar:

Posting Komentar